Pires Putuskan Gantung Sepatu

Pires Putuskan Gantung Sepatu

INDOBOLA – Berakhir sudah karier panjang Robert Pires sebagai pemain sepak bola. Mantan bintang Arsenal dan tim nasional Prancis itu akhirnya memutuskan pensiun di usianya yang telah menginjak 42 tahun.

Pires terakhir kali bermain di kompetisi Liga Super India bersama FC Goa dan meninggalkan klub tersebut di bulan Maret 2015. Setelah itu Pires sama sekali tidak bermain dan berstatus tanpa klub.

Dengan usianya yang makin menua serta kondisi fisik yang tak prima seperti dulu lagi, pria bernama lengkap Robert Emmanuel Pires itu akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu.

“Saya sudah 42 tahun dan ini saatnya untuk berhenti. Pengalaman terakhir saya adalah main di India. Di atas itu semua, penting untuk memberi kesempatan bagi para pemain muda,” ungkap Pires seperti dilansir Soccerway.

Pires mengawali karier profesionalnya bersama klub Prancis, Metz, di tahun 1993. Lima tahun memperkuat Metz, Pires akhirnya hengkang dan bergabung bersama Marseille di tahun 1998. Tahun dimana ia turut serta membawa Prancis menjuarai Piala Dunia.

Dua musim ia berseragam Marseille sebelum hijrah ke Premier League dan bergabung bersama Arsenal dibawa besutan Arsene Wenger.

Nama Pires kian berkibar setelah dia memperkuat Arsenal dari tahun 2000 hingga 2006. Enam tahun bermukim di London Utara, Pria kelahiran Reims itu menyumbang dua gelar Premier League, tiga gelar Piala FA, dan finalis Liga Champions 2006, di mana ia hanya bermain kurang dari 45 menit karena ditarik keluar usai Jens Lehmann diganjar kartu merah oleh wasit.

Selama membela Arsenal, Pires tampil sebanyak 274 kali dengan sumbangan 79 gol dan 30 assist bagi The Gunners. Setelah itu ia hjrah ke Spanyol dan bergabung bersama Villarreal selama empat musim.

Karier Pires di sana diganggu cedera lutut parah yang membuatnya sulit kembali ke performa terbaiknya. Dari 128 penampilannya bersama The Yellow Submarine, Pires menorehkan 18 gol dan 15 assist.

Pires sempat kembali ke Premier League di musim 2010-2011 bersama Aston Villa dan sempat rehat selama tiga tahun sebelum tampil lagi bersama FC Goa di Liga Super India.

Pires merupakan bagian dari tim nasional Prancis yang sukses merengkuh juara Piala Dunia 1998 serta Piala Eropa 2000. Ia menorehkan 14 gol dari 79 penampilannya bersama timnas Prancis.

Berita Terkait

Gianni Infantino Terpilih Sebagai Presiden FIFA
Istri Dikencani Kapten Tim, Borring Pilih Hengkang
MU Incar Bintang Muda Santos, Thiago Maia
Nani Ingin Kembali Ke Premier League
Messi tidak bisa selamanya menjadi andalan ARGENTINA

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *