Kalah Dari Tottenham, Sarri Tuding Wasit Tidak Siap Pakai VAR

Kalah Dari Tottenham, Sarri Tuding Wasit Tidak Siap Pakai VAR

Indobola.xyz – Kalah Dari Tottenham, Sarri Tuding Wasit Tidak Siap Pakai VAR – Chelsea kalah tipis dari tuan rumah Tottenham Hotspur 1-0, dalam semifinal leg pertama Carabao Cup di Stadion Wembley, Rabu 9 Januari 2019. Gol dari titik penalti Harry Kane menjadi satu-satunya di laga tersebut. Kekalahan ini membuat jengkel pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, yang menuding wasit tidak siap dalam memakai sistem VAR.

Saat pertandingan memasuki menit 26, Kane diganjal oleh penjaga gawang Chelsea Kepa Arrizabalaga di dalam kotak penalti. Itu jelas pelanggaran, namun kontroversi bermula saat hakim garis mengangkat bendera dikala Kane berlari mengejar bola sebelum akhirnya dijatuhkan Kepa.

Kane dinilai berada pada posisi offside oleh hakim garis. Namun, usai melihat VAR wasit malah menunjuk titik putih dan memutuskan Kane tidak offside. Kane sukses mencetak gol dari titik penalti dan akhirnya berujung pada kekalahan bagi Chelsea.

Sarri yang tidak terima dengan keputusan itu mengecam kinerja wasit. Setelah laga, dia melihat tayangan ulang dari kamera Chelsea yang dipasang di Wembley, dan menyatakan bahwa jelas terlihat Kane berada pada posisi offside.

“Kamera kami sejajar dengan Harry Kane dan dia jelas-jelas offside. Kepala dan lututnya terlihat jelas offside. Mungkin kamera VAR berada di posisi lain. Tetapi dari rekaman video kami, Kane positif offside,” ujar Sarri dikutip Guardian.

“Saya rasa wasit belum siap untuk memakai sistem VAR. Sikap hakim garis dan wasit sangat membingungkan. Dia berhenti berlari dan mengangkat bendera. Wasit juga berhenti berlari dan tidak mengikuti bola sehingga pemain kami mengira Kane offside. Seharusnya jika masih bingung, wasit terus saja berlari mengikuti bola dan tak perlu berhenti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *